Mendaki Gunung Merbabu Jalur Suwanting

FAST DOWNLOADads
Download
Mendaki Gunung Merbabu Jalur Suwanting - Blog ini bukan hanya berisi info tentang teknologi namun juga tentang alam, alasanya karena keluadnya harus seimbang hehe. Disini saya akan berbagi pengalaman pendakian bersama 4 teman saya. Mungkin kalau kita selalu berada didepan layar HP atau Laptop entah itu yang sudah bekerja atau masih kuliah pasti lama-lama akan merasa jenuh, ada baiknya kita pergi keluar dan menikmati alam bersama teman-teman untuk menenangkan fikiran.

Suwanting merupakan jalur baru dalam pendakian Gn. Merbabu (3.142Mdpl). Gn. Merbabu juga memiliki cukup banyak jalur pendakian antara lain jalur Selo dari Magelang/Boyolali, jalur Kopeng dari Salatiga, jalur Wekas dari Magelang, dan Suwanting dari Magelang. Jalur Selo adalah jalur dengan pemandangan terindah menurut para pendaki namun perjalanannya juga lebih lama.

Peta Menuju Suwanting

Waktu tempuh kami dari Purwokerto sekitar 5 jam menggunakan kendaraan roda 2. Untuk mencari lokasi jalur suwanting ini sobat bisa gunakan maps untuk mencarinya, cukup cari lokasi dengan kata kunci "Jalan Suwanting" maka sudah ketemu.

Basecamp - Pos 1

Perjalanan kami mulai tepatnya sore hari menjelang maghrib. Perjalanan dimulai melewati jalan setapak cor selanjutnya melewati perkebunan warga yang treknya lumayan landai dan selanjutnya kita akan disuguhi keindahan hutan pinus yang menawan waktu tempuh sekitar 30-60 menit tergantung bagaimana irama pendakian kita.

Pos 1 - Pos 2

Disini masih dalam hutan pinus, setelah melewatinya kita akan melewati beberapa lembah, semakin terjal treknya dan perjalanan sekitar (60-120 menit). Saat itu ada 2 pendaki yang ngecamp di pos 2 namun saya sarankan buat sobat jika masih kuat lebih baik ngecamp di pos 3 karena jika kita di pos 2 perjalanan menuju puncaknya akan lebih lama. Dari pos 2 sudah terlihat gagahnya Merapi

Pos 2 - Pos 3

Setelah itu kita akan melewati beberapa lembah salah satu lembah terakhir adalah lemba Manding disitu warga menyarankan agar kita mengucapkan salam terlebih dahulu dan dilarang mengeluh selama perjalanan di lemba manding karena banyak warga percaya jika kita mengeluh disitu juga kita akan semakin merasakan apa yang kita keluhkan, lebih baik dibawa senang saja.

Sesudah lemba manding, medan makin menantang, tanjakan curam dengan kemiringan 40-55 derajat perjalanan sekitar (120-140 menit).

Blog ini bukan hanya berisi info tentang teknologi namun juga tentang alam Mendaki Gunung Merbabu Jalur Suwanting

Setelah sampai di pos 3 kami mendirikan tenda lalu makan dan istirahat, berhubung hari sudah malam lalu kami tidur untuk menghemat tenaga buat pagi hari perjalanan menuju puncak.

Pos 3 - Puncak

Setelah pagi kami melanjutkan perjalanan menuju puncak, kami tidak mengejar sunrise karena saat masih gelap udara terasa sangat dingin jadi kami menunggu matahari terbit. Medan jalur dari Pos 3 menuju Puncak didominasi oleh sabana. Disini pastinya kami tidak lupa untuk mengabadikan momen karena pemandangan di sabana sangatlah indah. Perjalanan sekitar (120-140 menit).

Sumber Air

Sebelum Pos 1 dan Pos 3

Tempat Camp

Di pos 2, antara pos 2-3 dan pos 3

Puncak

Gunung ini memiliki banyak puncak dengan puncak tertinggi adalah Kenteng Songo dan itulah yang ingin kami capai. Pertama sampai pada puncak suwanting - puncak trianggulasi - puncak kenteng songo. Jika sobat ingin ke puncak lain seperti puncak syarif, puncak menara dan lainya maka sobat harus melewati jalur yang lain atau menuruni puncak kenteng songo lewat jalur lain dan setelah sampai sobat kembali ke puncak kenteng songo dan ke jalur suwanting lagi, namun saya rasa itu akan menguras banyak tenaga.

Setelah kami merasa puas menikmati pemandangan di puncak dan sudah mengabadikan momen selanjutnya kami kembali ke tenda dan istirahat sejenak lalu kami turun untuk kembali ke basecamp.
Pada pendakian kali ini saya sangat bersyukur karena mendapatkan view yang sangat bagus, meskipun sedang musim hujan namun saat itu alam sedang bersahabat sehingga hujanpun tak turun hehe.

Kode Etik

• Jangan mengambil apapun kecuali gambar
  • Jangan meninggalkan apapun kecuali jejak
  • Jangan membunuh apapun kecuali waktu dan egomu