Frost Bite Penyakit Pada Suhu Rendah

FAST DOWNLOADads
Download
Frost Bite Penyakit Pada Suhu Rendah - Setelah sebelumnya saya membahas tentang tutorial dan tips, kali ini saya akan membahas sesuatu yang berhubungan dengan alam yaitu penyakit pada suhu rendah atau dingin yang bernama Frost Bite. Jadi bagi kalian yang suka berpetualang di alam terutama di tempat yang dingin seperti gunung pastikan harus membaca sampai selesai dan bagi yang lain juga bisa jadikan pengetahuan.

 Setelah sebelumnya saya membahas tentang tutorial dan tips Frost Bite Penyakit Pada Suhu Rendah

Frost bite adalah jenis gangguan yang terjadi karena paparan dingin pada bagian tubuh dan itu terjadi dalam jangka waktu cukup lama, sehingga menyebabkan kematian jaringan karena aliran darah, nutrisi, cairan serta oksigen mengalami gangguan. Anggota tubuh yang paling sering terkena yaitu jari tangan dan kaki, cuping telinga dan hidung karena bagian tubuh tersebut memiliki lapisan lemak yang sedikit.

Berdasarkan keparahannya frost bite dibagi menjadi dua, yaitu stadium awal yang bisa dibilang lumayan parah dan stadium lanjut atau sudah sangat parah. Kita dapat mengenali penyakitnya berdasakan ciri-cirinya yang ada dibawah.

  1. Stadium awal pada kondisi ini korban akan merasa anggota tubuhnya seperti ditusuk jarum karena sangat nyeri, dan bisa juga merasa mati rasa. Anggota tubuh akan berubah dari nyeri menjadi berwarna merah sedikit cerah. Bisa juga merasa kaku, tetapi masih bisa untuk digerakan.
  2. Stadium lanjut pada kondisi ini bagian tubuh yang tadinya nyeri kini menjadi mati rasa. Jaripun menjadi kaku dan akan sulit digerakkan. Yang tadinya merah cerah kini warna kulit berubah menjadi berwarna kebiruan bahkan menghitam. Bisa juga muncul bengkak pada bagian tertentu serta benjolan-benjolan yang berisi cairan kuning kemer-merahan.

Lalu bagimana cara menangani dan melakukan pencegahannya. Sebenarnya untuk menanganinya cukup sederhana, namun dibutuhkan waktu yang cepat karena untuk meminimalisir jaringan tubuh yang rusak agar tidak menjadi semakin banyak.

  1. Langkah pertama sesegera mungkin lakukan penghangatan pada bagian tubuh yang mengalami gejala. Jangan gunakan air panas tapi gunakan air hangat dengan suhu sekitar 40 sampai 42 derajat celcius. Ingat jangan hangatkan langsung pada sumber api, karena akan membuat jaringan rusak semakin parah.
  2. Suhu hangatnya harus tetap dipertahankan, hangatkan kembali jika mulai mendingin.
  3. Bagian tubuh yang terkena jangan dipijat dan jangan digunakan untuk beraktifitas dulu.
  4. Biasanya akan muncul benjolan yang berisi cairan setelah dilakukan penghangatan. Berikan pelembab seperti madu atau minyak goreng dan ingat jangan dipecahkan.
  5. Gunakan kain atau perban yang bersih untuk membalut bagian yg terkena frostbite, dibalut satu persatu dan jangan terlalu ketat. Pisahkan antara jari yang satu dengan jari yang lain biar tidak saling menempel secara langsung.
  6. Jika ada, berikan obat anti nyeri seperti paracetamol, asam mefenamat, ibuprofen dan aspirin.
  7. Segera pindahkan ke fasilitas kesehatan terdekat.

Untuk melakukan pencegahannya dapat kita lakukan sebagai berikut.

  1. Gunakan sarung tangan yang tebal, jaket tebal dan sepatu yang windproof atau waterproof.
  2. Pastikan yang terkena harus cukup makan dan minum, dehidrasi bisa memperparah hal ini.
  3. Lakukan penghangatan jika gejala awalnya sudah telihat seperti mulai terasa ujung jari digigit semut dan nyeri seperti ditusuk.
  4. Jangan pernah memaksakan dirimu, lebih baik tidak sampai puncak, daripada salah satu anggota tubuhmu hilang.

Sumber:

  1. American red cross guide to frostbite and hypothermia
  2. Weiss EA. 2005. A Comprehensive Guide to Wilderness & Travel Medicine, 3rd edition.

Nah itu dia penjelasan mengenai penyakit frost bite, semoga bisa membuat kita semakin berhati-hati dan memberikan pengetahuan bagi kita semua tentang gejala dan cara menanganinya sehingga bisa bermanfaat jika kita atau teman kita mengalaminya, semoga saja si tidak. Aamiin
FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post